Monthly Archives: May 2013

Latihan Gabungan PTBMMKI Wilayah V Fakultas Kedokteran Unlam Banjarmasin

Tim bantuan medis Calamus Scriptorius fakultas kedokteran Unlam Banjarmasin akan mengadakan kegiatan latihan gabungan PTBMMKI wilayah V, untuk melakukan kegiatan pelatihan gabungan bagi anggota TBM tingkat nasional yang bergabung dalam PTBMMKI wilayah V. Tujuan kegiatan ini agar terciptanya silaturahmi antar anggota TBM di PTBMMKI wilayah V dan memperbanyak skill medis bagi anggota TBM di lingkup PTBMMKI wilayah V dalam bidang kedaruratan dan penanganan bencana serta agar dapat memperkenalkan Kalsel di ranah Nasional. Kegiatan ini akan diikuti sekitar 40 orang yang anggotanya berasal dari Kalsel, Kaltim, Kalteng, Sulawesi Selatan, Palu dan Kendari. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Pulau Pinus I pada tanggal 25 Mei pada pukul 10.00-18.00 WITA. Semoga kegiatan yang akan dilakukan berjalan lancar dan para peserta bersedia datang kembali ke Kalsel.

PDKT (Pemberian Dasar Kuliah Tambang) ATPN Banjarbaru

Himpunan mahasiswa tambang ATPN Banjarbaru akan mengadakan kegiatan PDKT (Pemberian Dasar Kuliah Tambang) untuk syarat masuk organisasi Himpunan Mahasiswa Tambang yang berlokasi di Cempaka, Mandiangin dan Aranio. Tujuan kegiatan ini untuk mempelajari teori yang diberikan di kampus untuk dipraktekkan di lapangan. Kegiatan ini akan diikuti oleh sekitar 87 0rang mahasiswa di ATPN Banjarbaru. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 19 Mei sampai dengan tanggal 21 Mei. Semoga kegiatan yang dilakukan berjalan lancar dan sukses.

Praktek Kerja Lapangan Fakultas Kehutanan Unlam Banjarbaru

Fakultas Kehutanan Unlam Banjarbaru akan melakukan kegiatan PKL (Praktek Kerja Lapangan) untuk memenuhi syarat mata perkuliahan. Tujuan kegiatan ini agar mahasisawa dapat mengalami pelatihan kerja lapangan sesuai dengan ilmu teori yang telah disampaikan. Kegiatan yang akan diikuti sekitar 100 orang ini akan dilaksanakan pada tanggal 24 Juni sampai dengan 6 Juli di lapangan 2. Semoga kegiatan yang dilakukan berjalan lancar dan para peserta bersedia datang kembali di Mandiangin untuk menikmati pemandangan alam.

Perkemahan Pelantikan Bantara SMKN 1 Gambut

SMKN 1 Gambut akan mengadakan kegiatan perkemahan pelantikan bantara. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dalam pramuka tingkat penegak. Kegiatan yang akan diikuti oleh kurang lebih 50 orang ini berlokasi di Lapangan 3, Mandiangin. Kegiatan tersebut akan dilakukan pada tanggal 21 Juni sampai dengan 23 Juni. Semoga kegiatan yang dilakukan berjalan lancar dan sukses.

MENANAM POHON MEMBANGUN HUTAN Oleh : Alip Winarto, S. Hut., M. Si.*)

Dunia internasional mengakui bahwa hutan tropis Indonesia berperan besar dalam upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim global melalui penyediaan jasa lingkungan berupa penyerapan emisi dan peningkatan cadangan karbon dari hutan yang ada. Hutan seluas kurang lebih 130 juta Ha tersebut mampu menyerap emisi karbon secara signifikan dan menjadi cadangan karbon yang cukup besar. Sayangnya, deforestasi, degradasi dan kebakaran hutan dan lahan sulit dihindari dan terus menerus terjadi. Dampaknya adalah terciptanya lahan-lahan kritis baru, sementara kegiatan rehabilitasi yang dilakukan selama ini belum menunjukkan hasil yang nyata. Jika dibiarkan berlarut-larut maka cadangan karbon akan semakin menipis dan sementara sumber emisi karbon karena melepas CO2akibat deforestasi, degradasi dan kebakaran hutan menjadi semakin besar.

W-BRIDGE BIODIVERSITY REFORESTATION PROJECT DI TAMAN HUTAN RAYA SULTAN ADAM Oleh : Alip Winarto, S. Hut. M. Si. *)

W-BRIDGE merupakan singkatan dari Waseda-Bridgestone Initiatif for Development of Global Environment. Maksudnya adalah sebuah inisiatif bersama antara Universitas Waseda salah satu universitas di Jepang dengan perusahaan Bridgestone untuk membangun lingkungan global. Salah satu kegiatan yang telah berhasil dilaksanakan adalah pengembangan W-Bridge Model yang merupakan salah satu model rehabilitasi pada lahan yang rusak (marginal) untuk kepentingan masyarakat lokal di Pulau Lompok Provinsi Nusa Tenggara Barat. Model ini kemudian selanjutnya dikembangkan di Taman Hutan Raya Sultan Adam yang memiliki lebih dari 46.000 Ha lahan kritis yang perlu dilakukan rehabilitasi.

MELESTARIKAN RUSA SAMBAR DI TAMAN HUTAN RAYA SULTAN ADAM OLeh : Alip Winarto, S. Hut. M. Si. *)

Taman Hutan Raya Sultan Adam merupakan salah satu aset besar kehutanan di Kalimantan Selatan yang perlu dikelola dan dikembangkan tanpa harus mengurangi fungsi sebagai kawasan konservasi. Salah satu kegiatan yang dapat dikembangkan adalah pengembangan obyek wisata alam yang sebelumnya pernah dirintis di  Mandiangin. Pada tahun 2010 seiring dengan berdirinya UPT Taman Hutan Raya Sultan Adam, beberapa fasilitas pendukung obyek wisata alam yang telah ada akan direnovasi kembali dan juga akan dibangun fasilitas baru seperti tracking, fasilitas outbond dan lain sebagainya disamping beberapa fasilitas lain yang diperlukan.

Workshop dan Latihan Alam ke- XX (20) UKM Sanggar Bahana Antasari Banjarmasin

Pada tanggal 10 sampai dengan tanggal 12 Mei 2013, UKM Sanggar Bahana Antasari Banjarmasin telah melakukan Pra Workshop dan Workshop serta Latihan Alam ke- XX (20) di Lapangan Pulau Biru, Mandiangin. Dengan tujuan untuk  perekrutan dan pelatihan anggota baru. Kegiatan tersebut di ikuti oleh 80 orang peserta yang berasal dari kampus IAIN Antasari Banjarmasin. Semoga selama berada di Mandiangin para peserta merasa betah dan bersedia datang kembali untuk menikmati keindahan alam di Mandiangin.

Kegiatan RC (Rock Climbing) FT UNLAM Banjarbaru

MAPALA FT Unlam Banjarbaru akan melakukan Rock Climbing untuk latihan pemantapan anggota muda  MAPALA. Dengan tujuan melatih anggota muda MAPALA FT Unlam dalam rangka pemantapan untuk rock climbing yang berlokasi di tebing Casablanka, Mandiangin. Kegiatan yang akan di ikuti kurang lebih 20 0rang ini akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 12 Mei 2013 dari jam 08.00 pagi sampai sore hari. Semoga kegiatan yang dilakukan berjalan lancar dan sukses.

29 tahun Mapala Sylva Fahutan Unlam

Mapala Sylva, adalah suatu organisasi yang menghimpun, menggerakan, mengembangkan dan memelihara seluruh potensi mahasiswa untuk secara aktif ikut serta merealisi pembinaan mahasiswa sebagai generasi muda yang bertanggung jawab. Menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakat mahasiwa kehutanan di bidang kepencita alaman, petualangan dan ilmiah. Memupuk dan membina rasa cinta dan ilmiah. Menempa dan memperat tali persaudaraan di antara anggota dan sesama organisasi pecinta alam lainnya, serta mengembangkan dan menumbuhkan cinta terhadap tanah air untuk mencapai terwujudnya rasa solidaritas agar menjadi generasi muda yang kreatif dan dapat mendamarkan kemampuannya kepada masyarakat. Bekerja tanpa pamrih, berusaha tanpa lelah, berimajinasi berkarya tanpa henti, berjuang tanpa ragu, dan semangat yang terus membara, itu lah Mapala Sylva.