Monthly Archives: August 2014

Tahura Kembali Membara

MARTAPURA, BPOST - Dua hari sejak Selasa (5/8), kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam, Banjar, kembali diamuk api. Bahkan, hingga Rabu (6/8) malam, api yang membakar kawasan Tengger Bukit Besar, Mandiangin Barat, Banjar, belum bisa sepenuhnya dipadamkam.

Sebelumnya, api juga membakar Tahura dengan luasan lahan lebih dari 10 hektare di kawasan Bukit Pamaton, Pantai Kopi, Desa Kiram, Karangintan. Petugas BP (Badan Pengelola) Tahura dan Manggala Agni, termasuk Kepala BP Akhmad Ridhani dan Kasi Perlindungan BP Alief Winarto, kesulitan ‘menjinakkan’ si jago merah yang terus berkobar. Apalagi, kondisi medan yang curam makin mempersulit mereka menjangkau lokasi.

Informasi yang diperoleh BPost menyebutkan, api mulai terlihat sekitar pukul 12.40 Wita. Semula membakar semak belukar, sebelum menjalar dan makin berkobar. Luasan lahan pun terbakar pun secara cepat meluas karena kencangnya angin. Agar tidak merambah ke kawasan tanaman penghijaauan, petugas langsung membuat sekat dengan teknik membakar balik semak-semak yang tersisa.

Mengenai penyebab kebakaran hebat itu, Ridhani menduga karena faktor manusia. Api Yang berasal dari Pantai Kopi menyeberang ke Bukit Besar. “Kali ini kebakarannya cukup luas,” ucapnya.

Selengkapnya baca Banjarmasin Post edisi cetak Kamis (7/8/2014)