Monthly Archives: August 2015

Praktik Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa Kehutanan UNLAM Tahun 2015

Praktik Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa Fakultas Kehutanan UNLAM merupakan kegiatan kurikuler di Fakultas Kehutanan UNLAM yang dilaksanakan pada alih semester genap ke semester ganjil. PKL wajib diikuti oleh mahasiswa semester IV ke V dan diberikan 2 (dua) Satuan Kredit Semester (SKS) Kegiatan PKL meliputi kegiatan lapangan, penulisan laporan dan ujian. Praktik Kerja Lapangan (PKL) tersebut diikuti oleh 200 (dua ratus) orang dengan dibimbing oleh beberapa orang Dosen Mata Kuliah terkait.

Para mahasiswa yang mengikuti PKL ini harus memenuhi persyaratan  terdaftar sebagai mahasiswa Fakultas Kehutanan UNLAM pada tahun ajaran berjalan. Mereka telah mengikuti beberapa mata kuliah tertentu (Silviks, Ilmu Tanah Hutan, Ilmu Ukuran Lahan dan Perpetaan, Inventarisasi Hutan dan Dendrologi) dan tidak sedang mengikuti kuliah Program Alih Tahun (PAT).

PKL terdiri dari beberapa tahapan kegiatan yang wajib diikuti seluruh peserta yaitu sebagai berikut.

  1. Kuliah pesangon : 11-12 Agustus 2015 bertempat di Fakultas Kehutanan Unlam
  2. Pelaksanaan PKL dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus-25 Agustus 2015 dengan total kegiatan efektif selama 10 (Sepuluh) hari
  3. Tempat pelaksanaan PKL berada di area Tahura Sultan Adam Mandiangin. Para peserta PKL diwajibkan bermalam di Tahura Sultan Adam Mandiangin (Lapangan II). Oleh karena itu untuk mendukung kegiatan ini disediakan beberapa buah tenda dan beberapa sarana prasarana pendukung lainnya.

 Tujuan dilaksanakannya PKL ini adalah sebagai berikut. Pertama, melatih mahasiswa dalam melakukan pengukuran dan perpetaan, inventarisasi hutan, penanaman, pembuatan persemaian dan pemeliharaan, identifikasi tanah hutan, konservasi tanah dan air, perlindungan hutan dan serta pembuatan herbarium. Kedua, melatih mahasiswa menggunakan bahan dan peralatan yang dipakai dalam praktik poin satu diatas. Ketiga, melatih mahasiswa dalam membuat laporan dan menguasai hasil praktik di lapangan. Keempat, meningkatkan kemampuan dan kebiasaan mahasiswa untuk memelihara dan pengembangan ekosistem hutan.

 Materi PKL terdiri dari 10 bagian, yang termasuk dalam 8 mata kuliah yaitu:

Perencanaan Hutan (Ilmu Ukur Tanah dan  Inventarisasi Hutan), Ekologi Hutan, Silviks, Ilmu Tanah Hutan, Sosiologi Kehutanan, Dendrologi dan Perlindungan Hutan. Adapun materi pokok dalam PKL ini adalah Pengukuran dan Perpetaan, Penentuan Petak Minimum dan Analisis Vegetasi, Pembuatan Persemaian dan Pengkayaan Tanaman, Identifikasi Tanah Hutan, ITPS, Identifikasi Tanaman, Kesehatan Tanaman, dan Pembuatan Herbarium, Terasering, Pemeliharaan & Sekat Bakar, Inventarisasi Satwa dan Interaksi Masyarakat dengan Hutan.

 PKL Mahasiswa Fakultas Kehutanan UNLAM Tahun 2015 yang berlangsung selama 10 hari secara resmi ditutup oleh Dekan Fakultas Kehutanan Unlam pada 24 Agustus 2015.