Monthly Archives: January 2017

TIRTA WISATA PULAU PINUS 2

Pulau Pinus 2 merupakan sebuah pulau di tengah waduk riam kanan terbentuk karena pembuatan bendungan PLTA  Riam Kanan pada tahun 1970 seluas 1 Ha. Sejarahnya, Pulau pinus 2 di era tahun 1978 dijadikan lokasi persemain untuk mendukung program reboasasi di hutan lindung Riam Kanan dengan jenis tanaman pinus (Pinus merkusii) maka terbentuklah tegakan pohon pinus di pulau tersebut yang selanjutnya orang menyebut pulau pinus 2.

Saat ini Pulau Pinus menjadi destinasi wisata air (tirta wisata) di kawasan Danau Riam Kanan, di hari hari libur banyak wisatawan yang berlibur di Pulau Pinus 2 hanya sekedar

untuk menikmati sejuk dan segarnya udara serta menikmati pemandangan danau riam kanan yang indah serta bermain di pantai Pulau Pinus 2 yang indah dan airnya bersih, bagi yang suka berselfiria bisa memanfaatkan backgroundnya jembatan kayu sepanjang 100 meter yang membentang dari daratan ke Pulau Pinus 2.

Untuk menuju ke Pulau Pinus 2 dari Kota Bajarbaru bisa menggunakan  kendaraan roda 4 atau 2  sejauh 25 km atau 45 menit ke Pelabuhan Riam Kanan Desa Tiwingan Lama Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan, selanjutnya dari Pelabuhan Riam Kanan dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan air / Kelotok menuju Pulau Pinus 2 ditempuh selama setengah jam. (Red. Irt)